Wednesday, January 26th 2022.

Sistem Absensi Modern, Apa Sih Itu?

Perkembangan teknologi jaman sekarang semakin pesat seiring berkembangnya jaman, termasuk perkembangan di bidang absensi. Dimana ketika kita ingin hadir ke suatu tempat tidak perlu mengisi absensi secara manual, karena semua sistem absensi sudah modern. Seperti saat sekolah murid sudah absensi menggunakan metode fingerprint, sehingga data langsung ke input ke database komputer. Jadi, para guru tidak perlu ribet lagi untuk absensi siswa-siswinya karena dibantu fingerprint yang menginput data secara otomatis. Teknologi fingerprint tidak hanya dipakai di sekolah, tapi juga di perkantoran,lembaga pemerintahan, dan organisasi lain. Mesin absensi fingerprint adalah cara mengetahui kehadiran seseorang dengan memanfaatkan sidik jari. Mesin absensi fingerprint termasuk menggunakan teknologi biometrik, yang merupakan teknologi yang merekam sidik jari manusia dengan cara alat identifikasi secara digital agar masuk ke database lalu di input oleh komputer.

Sebelum menggunakan sistem absensi yang modern, kita lebih sering mengisi kehadiran kita dengan cara manual. Sistem manual mengharuskan setiap karyawan mengisi kehadirannya sendiri. Ini membuat karyawan harus mengantri lama untuk bisa mengisi kehadirannya, apalagi di perusahaan dengan kapasitas karyawan banyak. Seperti mengisi absensi di buku absensi dengan pulpen dan analog, yang dimana analog ini mengharuskan kita untuk memasukkan kartu ke jam analog. Setelah meninggalkan absensi karyawan dengan cara manual, sekarang banyak perusahaan menggunakan format absensi secara otomatis. Sistem absensi online kini menjadi metode yang paling sering digunakan oleh perusahaan. Mengapa? Karena, metode kehadiran dengan cara ini dinilai sangat aman dan sulit di rekayasa. Beberapa cara mengisi absensi secara online ialah :

  1. Fingerprint

  2. Menggunakan password yang diberikan kepada setiap karyawan di suatu perusahaan

  3. Magnetic card

Ketiga cara diatas cukup sering digunakan oleh perusahaan dengan alasan untuk menghindari sejumlah kesalahan saat absensi seperti kecurangan kehadiran dan data yang hilang. Meski begitu dengan beragam keuntungan yang ada, tetap saja terdapat kendala dan kelemahan yang bisa terjadi. Kesalahan teknis seperti rusaknya mesin, jari tidak ke scan secara tiba-tiba karena jari kita kotor, dan lain-lain. Meski begitu, daya tarik dari mesin absensi modern tetap tinggi di dunia perusahaan.

Contact us on :

Kios Barcode

Store:
Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)
Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan
Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123
Telp. (021)8838 2929

Idha
– Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy
– Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp 2.500.000
Rp 2.800.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 1.500.000
Rp 1.200.000
Rp 3.400.000