Wednesday, November 23rd 2022.

Kertas di Masa Sekarang

Ilustrasi penggunaan kertas

Roll Paper atau gulungan kertas yang biasa kita gunakan sebagai bukti atau informasi terhadap apa yang aru saja kita gunakan mengandung banyak sekali manfaat, tidak luput juga dari berbagai dampak yang ada terhadap keberlangsungan lingkungan. Perlu diketahui bahwa Negara Indonesia menduduki peringkat ke-6 sebagai produsen kertas dan peringkat ke-9 sebagai produsen pulp terbesar di dunia. Indonesia mampu mengekspor pulp sebesar 3,75 juta ton dengan nilai menyentuh 1,85 miliar dolar AS dan mengekspor kertas sebesar 4,26 juta ton dengan nilai hingga 3,76 miliar dolar AS.

Mengingat bahwa kebutuhan kertas di dunia terus mengalami pertumbuhan yang signifikan. Kebutuhan kertas dunia dengan pasar negara-negara berkembang tumbuh 4,1% per tahun dan negara maju sekitar 0,5% per tahun. Maka kegiatan ekspor dan produksi dari industri pulp and paper dapat mempengaruhi perekonomian di Indonesia.

Tidak menutup mata pada perkembangan zaman, beberapa negara juga mulai dengan tegas memberlakukan kertas sebagai media yang sepatutnya untuk dikurangi sehingga seiring dengan berkembangnya teknologi, penggunaan kertas sebagai media penyebaran informasi seiring berkurang. Seperti yang pernah dikemukakan oleh pakar informasi asal Inggris, Frederick Wilfrid Lancester pada tahun 1978 mengenai masyarakat tanpa kertas (Paperless Society), dimana era digital dan internet telah menggantikan peran kertas sebagai media untuk menulis dan penyebaran informasi.

 

Kertas dan Plastik

Kertas menggunakan kayu yang diambil dari beberapa pohon yang seperti kita ketahui menyimpan pasokan karbon dan memiliki daya serap yang tinggi dalam menyerap CO2 yang jika terus menerus ditebang untuk keperluan penggunaan kertas yang jika tidak beriringan dengan penanaman akan menyebabkan kerusakan alam yang semain memburuk.

data menunjukkan bahwa sekitar 1 triliun kantong plastik digunakan penduduk dunia dalam 1 tahun yang artinya setiap menit terdapat 1 juta kantong plastik. Kebanyakan orang hanya menggunakan kantong plastik sebentar dan setelah itu dibuang dan untuk menguraikannya membutuhkan waktu hingga ratusan tahun. Plastik merupakan bahan anorganik yang tersusun dari monomer-monomer yang terikat rantai kimia dan tambahan zat  additive lainnya. Karena plastik memiliki sifat mudah terbakar, dan asap hasil pembakaran mengandung gas berbahaya seperti gas karbon monoksida dan gas hidrogen sianida yang dapat mencemari lingkungan sekitar bahkan dalam skala besar.

Jika anda membutuhkan produk kertas untuk keperluan seperti struk untuk kasir, kami menyediakan produk kertas thermal dengan kualitas terjamin!

 

Kontak Kami

View larger map kios barcode

Store:
Kios Barcode(spesialis barcode dan alat kasir)
Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan
Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123
Telp. (021)8838 2929

  • Idha
    – Telp/SMS/WA : 081369101014
  • Widdy
    – Telp/SMS/WA: 081259417100
Mesin Kasir Touchscreen EDELWEISS Type A (Cafe & Resto)

16%

Rp 6.000.000 7.150.000
Rp (Hubungi CS)
Barcode Scanner ZEBRA DS4608 2D

8%

Rp 2.850.000 3.100.000
Rp 5.000.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 12.000.000