Monday, September 2nd 2024.

Ini perbedaan antara mesin POS dan cash register!

Hai sobat kiosbarcode! pembahasan kali ini mengenai perbedaan mesin POS dan cash register. Simak baik-baik ya!

Salah satu perbedaan mesin POS dan cash register adalah sistem pengelolaan keuangannya. Mesin POS (Point Of Sales) merupakan sistem komputer yang dirancang untuk memudahkan proses transaksi dan pengelolaan keuangan. Cara kerja mesin POS umumnya hampir sama dengan cash register, tetapi penggunaannya cenderung lebih efisien berkat kemajuan teknologi. Lantas, apa saja perbedaan mesin POS dan cash register sebagai pengelola keuangan penjualan? Berikut adalah perbedaan antara mesin POS dan cash register.

  • Teknologi yang Diterapkan
    Perbedaan yang pertama adalah penggunaan teknologi. Mesin pos menggunakan teknologi komputer dengan perpaduan antara software dan hardware. Lain halnya dengan cash register yang belum terkomputerisasi, sehingga cara kerjanya masih manual.
  • Cara Penggunaan
    Berikutnya adalah cara kerjanya. Penggunaan mesin kasir masih manual, sehingga karyawan perlu menginput data transaksi satu per satu. Berbeda dengan mesin POS yang memiliki fitur canggih, sehingga data penjualan, stock barang, hingga laju keuangan dapat dilacak langsung oleh sistem.
  • Fitur yang Tersedia
    Ketersediaan fitur selanjutnya. Ya, mesin pos memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan cash register. Kelengkapan fitur meliputi timbangan digital, pembaca kartu kredit, pemantauan ketersediaan barang, laporan penjualan detail, terintegrasi dengan berbagai software, sistem berbasis cloud, manajemen staf serta konsumen, layar sentuh, hingga penggunaan password.
  • Fungsi dan Kegunaan
    Yang terakhir dapat dilihat dari fungsinya. Cash register memiliki fungsi yang terbatas untuk menyimpan uang tunai serta mendata penjualan. Sementara mesin POS memiliki lebih banyak fungsi selain mendata penjualan, seperti mencetak struk dan memantau stok dengan cepat, menghitung otomatis, serta memudahkan modifikasi harga serta produk.

 

 

Contact Us :
Kios Barcode
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07
Jl. Raya Kaliabang / Jl. Lingkar Utara
Harapan Baru – Bekasi Utara, Bekasi 17123
Telp. (021)8838 2929, (021)2520 98746

Jual Printer Passbook Epson PLQ 20 Murah dan Bergaransi Resmi

4%

Rp 8.500.000 8.900.000
Rp 4.000.000
Rp 500.000
Rp 2.500.000
Rp 700.000
Rp (Hubungi CS)