Monday, January 9th 2023.

Apa itu Paket Bundling?

Apa itu Paket Bundling?

Apa itu paket bundling? Bundling adalah suatu kegiatan menjual beberapa produk atau jasa secara bersamaan dalam satu paket harga. Konsumen akan mendapatkan lebih dari satu produk dengan harga yang lebih murah daripada membeli masing-masing produk tersebut secara terpisah. Bundling bisa dilakukan oleh perusahaan yang menjual produknya sendiri atau perusahaan yang memiliki kerja sama dengan perusahaan lain untuk menjual produk bersama dalam satu paket.

 

Manfaat

Bundling memiliki beberapa manfaat, yaitu:

  1. Menambah nilai tambah bagi konsumen. Konsumen akan merasa lebih terpuaskan karena mendapat lebih dari satu produk dengan harga yang lebih murah daripada membeli masing-masing produk secara terpisah.
  2. Meningkatkan penjualan. Dengan menawarkan beberapa produk dalam satu paket, perusahaan bisa meningkatkan penjualan karena konsumen lebih tertarik untuk membeli paket bundling daripada hanya satu produk saja.
  3. Menciptakan loyalitas pelanggan. Konsumen yang puas dengan produk yang dibeli dalam paket bundling akan lebih loyal terhadap perusahaan yang menjual produk tersebut.
  4. Mempermudah promosi. Perusahaan akan lebih mudah untuk mempromosikan produknya karena hanya perlu mempromosikan satu paket bundling saja daripada harus mempromosikan masing-masing produk secara terpisah.

 

Manfaat Bagi Konsumen

Manfaat paket bundling bagi konsumen adalah:

  1. Menambah nilai tambah bagi konsumen. Konsumen akan merasa lebih terpuaskan karena mendapat lebih dari satu produk dengan harga yang lebih murah daripada membeli masing-masing produk secara terpisah.
  2. Meringkas proses pembelian. Konsumen tidak perlu repot-repot mencari masing-masing produk yang diinginkan karena sudah tersedia dalam satu paket bundling.
  3. Menghemat waktu dan uang. Konsumen tidak perlu mengeluarkan waktu dan uang lebih banyak untuk membeli masing-masing produk secara terpisah, karena sudah tersedia dalam satu paket bundling dengan harga yang lebih murah.
  4. Menawarkan kemudahan pembayaran. Konsumen hanya perlu membayar satu kali untuk mendapatkan semua produk yang ada dalam paket bundling.
  5. Memberikan kemudahan dalam proses pengiriman. Konsumen hanya perlu menunggu satu kali pengiriman untuk mendapatkan semua produk yang ada dalam paket bundling.
  6. Menawarkan kemudahan penggunaan. Konsumen hanya perlu mengelola satu produk saja untuk mendapatkan semua produk yang ada dalam paket bundling. Tentu inni lebih mudah daripada harus mengelola masing-masing produk secara terpisah.

Contoh Bundling

Contoh bundling yang sering kita jumpai adalah ketika kita membeli komputer dan printer secara bersamaan. Biasanya, perusahaan yang menjual komputer dan printer akan menawarkan harga yang lebih murah jika kita membeli keduanya secara bersamaan daripada membeli masing-masing produk secara terpisah.

Bundling juga sering dilakukan oleh perusahaan telekomunikasi dengan menawarkan paket internet, telepon, dan televisi dalam satu paket harga.

 

Bundling bisa dilakukan oleh perusahaan yang menjual produknya sendiri atau perusahaan yang memiliki kerja sama dengan perusahaan lain untuk menjual produk bersama dalam satu paket. Contoh bundling yang sering kita jumpai adalah ketika kita membeli komputer dan printer secara bersamaan. Hal ini sama ketika perusahaan telekomunikasi menawarkan paket internet, telepon, dan televisi dalam satu paket harga.

Sebagai konsumen, kita harus memperhatikan kebutuhan kita sebelum memutuskan untuk membeli paket bundling. Pastikan bahwa kita memang membutuhkan semua produk yang ada dalam paket tersebut, dan perhatikan juga harga produk tersebut jika dibeli secara terpisah. Jika harga produk tersebut jauh lebih murah jika dibeli secara terpisah, mungkin lebih baik untuk membeli masing-masing produk tersebut secara terpisah. Namun jika harga produk tersebut lebih murah jika dibeli dalam paket bundling, maka paket bundling bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Kontak Kami

Lihat alamat kami via Google Maps (Kios Barcode)

Store: Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)

Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan

Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi, 17123 Telp. (021)8838 2929

  • Idha– Telp/SMS/WA : 081369101014
  • Widdy– Telp/SMS/WA: 081259417100
Rp (Hubungi CS)
Rp 8.000.000
Rp 2.200.000
Rp 675.000
Rp (Hubungi CS)
Mesin Kasir Touchscreen EDELWEISS Type C (Cafe & Resto)

8%

Rp 7.500.000 8.150.000